Memanggang Roti Dengan Oven Roti Tawar

Diposting oleh Unknown on Oct 19, 2016




Oven Roti Tawar Untuk Memanggang Roti

Memanggang roti dengan oven roti tawar untuk orang awam adalah suatu pekerjaan yang baru yang tak pernah di ketahui sebelumnya oleh karena itu perlu adanya petunjuk untuk melakukan pekerjaan tersebut, memanggang memang membutuhkan waktu dan suhu panas yang tepat agar hasil kuenya sempurna bentuk dan ukurannya. Suhu dan waktu pemanggangan ditentukan dari percobaan dan tergantung dari jenis roti yang dipanggang.


Memanggang roti memang ada aturannya semua tergantung dari jenis roti apa yang kita panggang dan ukuran roti tersebut karena tiap jenis roti dan ukuran roti memerlukan waktu dan suhu panas yang berbeda-beda untuk mendapatkan hasil yang sempurna sesuai yang diinginkan dalam memanggang roti buatlah selalu daftar suhu panas serta waktu yang di perlukan untuk menanggang dari tiap jenis dan ukuran roti letakan pada tembok di dekat oven roti anda agar selalu ingat dan anda bisa menentukan suhu panas serta waktu yang di perlukan untuk memanggang roti tersebut, simak tips berikut.

Tips atau aturan lama dan waktu pemanggangan sebagai berikut:

  • Tetapkan suhu oven: Range suhu oven untuk mendapatkan volume roti yang optimal dan warna kulit roti yang bagus adalah 220-260 derajat Celcius.
  • Ukuran roti: semakin besar ukuran roti, semakin lama waktu pemanggangan
  • Gula dan susu bubuk: semakin tinggi prosentase gula dan susu bubuk dalam resep, semakin rendah suhu pemanggangan/oven.
  • Lemak: semakin tinggi lemak dalam resep/formulasi, akan memperlambat gelatinisasi pati, jadi waktu pemanggangan semakin lama dengan suhu lebih rendah.
  • Kepadatan/sifat adonan: Sifat adonan ini berhubungan dengan banyaknya cairan dalam adonan. Makin banyak air maka waktu pemanggangan akan lebih lama.
  • Jenis kulit roti yang diinginkan apakah anda menginginkan hasil panggangan kulit roti yang berwarna coklat muda atau coklat tua atau putih bersih dan licin atau terlihat lembut serta berkilau, semua ada tehnik pemanggangan yang baik dan benar
  • Makin lama waktu pemanggangan: akan makin banyak air yang teruapkan dan makin renyah kulit roti yang terbentuk. Kulit roti yang renyah (crispy) dibentuk dengan menyemprotkan uap air (steam) sebelum dan selama baking (pemanggangan).


Demikian tips memanggang roti yang benar menurut waktu dan suhu panasnya agar menghasilkan roti yang sempurna bentuk dan  rasanya semoga tips di atas bermanfaat untuk anda orang yang masih awam dalam hal memanggang roti yang tidak tau tehnik cara memanggang roti yang benar sesuai hasil yang di inginkan serta menambah pengetahuan anda selamat mencobanya.

{ 0 komentar ... read them below or add one }