Mengenal Macam Mesin Press Plastik

Diposting oleh Unknown on Jun 17, 2015


Mesin Press Plastik – Mesin Press plastik merupakan salah satu jenis mesin press yang di gunakan dalam proses pengemasan makanan dan barang produksi. Mesin press plastic atau lebih umum di kenal dengan mesin sealer merupakan mesin dengan banyak jenis yang bisa kita temui. Mesin sealer terbagi ke dalam beberapa jenis seperti mesin sealer, mesin vacuum, mesin shrink, mesin wrapper,dll. Mesin-mesin tersebut mempunyai fungsi yang berbeda satu sama lain tetap tetap mengusung konsep yang sama yakni mengepress kemasan plastic agar merekat sempurna, kuat dan aman bagi produk.

Oke selanjutnya mari kita mengenal satu persatu mesin press plastic apa saja yang paling sering di gunakan dalam industry packaging.



Hand Sealer & Foot Sealer : Mesin hand sealer dan Foot sealer merupakan mesin yang mempunyai fungsi dan konsep kerja yang indentik sama, yang membedakan dari kedua mesin in adalah bentuk dan cara pengoperasiannya. Pada hand sealer di butuhkan tangan untuk melakukan proses pengepressan sedangkan pada mesin Foot sealer cukup dengan menggunakan kedua kaki. Mesin ini memanfaatkan pemanasan logam element untuk membuat kemasan plastic merekat dengan sempurna.

Vacuum Sealer : proses kerja Mesin vacuum sealer bisa dibilang cukup mirip dengan mesin hand sealer, dengan memanfaatkan energy panas dan menkonversinya ke dalam element logam dan membuat kemasan merekat sempurna. Hanya saja pada mesin vacuum sealer ini mempunyai sedikit kelebihan yang tidak di miliki oleh mesin hand sealer pada umumnya, sesuai namanya bahwa mesin vacuum mampu melakukan proses pengemasan menggunakan proses Vakum/Penyedotan udara di dalam kemasan. Tentunya hal ini akan berimbas kepada isi kemasan yang di jamin menjadi lebih steril, aman dan tahan lama. 

Continuous Sealer : layaknya mesin hand sealer dan foot sealer, mesin Continuous mempunyai prinsip kerja yang sama dengan kedua mesin tadi, salah satu hal yang menjadi pembeda adalah kehadiran Conveyor/Rel berjalan yang membuat proses pengemasan bisa di lakukan secara terus menerus tanpa henti 

Mesin Shrink : Mesin shrink memanfaatkan media element pemanas di dalam suatu Chamber/Ruang, dan membuat plastic kemasan memuai sehingga menyusut melapisi permukaan barang yang di kemas.

Mesin Wrapping : mesin ini di gunakan sebagai pelapis kemasan primer agar terlindung dari cuaca, cairan hingga benda-benda tajam. Mesin ini menggunakan momentum gerak sebagai prinsip kerjaanya. 

Cup Sealer : mesin ini di gunakan untuk media pengemasan gelas plastic, layaknya mesin hand sealer namun yang membedakan adalah mesin menggunakan wadah khusus dan di desain secara detail hanya untuk mengemas gelas plastik

Mesin-mesin di atas di jual dalam tipe dan harga yang sangat bervariasi, rata-rata mesin press plastic di impor langsung dari China dan Taiwan, untuk kualitasnya sudah jangan di ragukan lagi. Tak hanya kualitas import, sekarang ini banyak sekali mesin press plastic yang di buat oleh manufaktur lokal, walaupun asli Indonesia tetapi untuk ukuran kualitas terbilang cukup baik dan sesuai standard internasional. Keuntungan dari mesin press plastic lokal ini adalah dari segi bandrolnya yang bisa dibilang terjangkau dan murah. Oke jika membutuhkan info seputar mesin press plastic bisa langsung mengunjugi website Wiratech untuk info lebih lanjut.









 

{ 0 komentar ... read them below or add one }