Tips Merawat Kain Batik Berbahan Serat

Diposting oleh sabuk item on Nov 11, 2008


Batik merupakan salah satu warisan budaya yang tak ternilai. Kini baju batik tidak hanya menggunakan kain mori saja, melainkan juga dari katun, serat ulat sutera, serat nanas, dan lainnya. Untuk perawatan kain batik tulis, khususnya kain batik tulis dari bahan serat alam, perlu dicermati agar baju batik tetap awet, tahan lama, warna tidak pudar dan tetap tampak indah.

Menurut pengusaha batik KRT Daud Wiryo Hadinagoro, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:
- Pada saat mencuci batik,
baju kebaya, kain sarung, kain bordir, baju bordir jangan digosok. Jangan pakai deterjen. Kalau batik, baju kebaya, kain sarung, kain bordir, baju bordir tidak kotor cukup dicuci dengan air hangat. Sedangkan, kalau kotor, misalnya terkena noda makanan, bisa dihilangkan dengan sabun mandi atau bila kotor sekali, seperti terkena buangan knalpot, noda bisa dihilangkan dengan kulit jeruk dengan mengusapkan sabun atau kulit jeruk pada bagian yang kotor.

- Setelah kotoran hilang, jemur di tempat teduh. Tak perlu memeras kain batik sebelum menjemurnya. Namun, pada saat menjemur, bagian tepi kain agak ditarik pelan-pelan supaya serat yang terlipat kembali seperti baru di toko
jual baju batik, jual baju kebaya, jual kain sarung, jual kain batik, jual kain bordir, jual baju bordir, jual blus, jual blouse.

- Sebaiknya hindari penyeterikaan. Kalaupun terlalu kusut, semprotkan air di atas kain kemudian letakkan sebuah alas kain di bagian atas batik itu baru diseterika. Jadi, yang diseterika adalah kain lain yang ditaruh di atas kain batik.

- Disarankan untuk menyimpan batik dalam plastik agar tidak dimakan ngengat. Jangan diberi kapur barus, karena zat padat ini terlalu keras sehingga bisa merusak batik. Sebaiknya, almari tempat menyimpan batik diberi merica yang dibungkus dengan tisu untuk mengusir ngengat. Alternatif lain menggunakan akar wangi yang sebelumnya dicelup dulu ke dalam air panas, kemudian dijemur, lalu dicelup sekali lagi ke dalam air panas dan dijemur. Setelah akar wangi kering, baru digunakan. Anda juga bisa bertanya langsung dengan toko
jual baju batik, jual baju kebaya, jual kain sarung, jual kain batik, jual kain bordir, jual baju bordir, jual blus, jual blouse tampat anda membeli.

http://batikindonesia.info/


Temukan informasi lain mengenai Baju Batik, Baju Kebaya, Jual Blus, Jual Blouse, Kain Sarung, Kain Batik, Kain Bordir, Baju Bordir, Jual Baju Batik, Jual Baju Kebaya, Jual Kain Sarung, Jual Kain Batik, Jual Kain Bordir, Jual Baju Bordir hanya di Baju Batik & Kebaya: Jual Blus & Blouse | Kain Sarung & Batik | Bordir Riana Kesuma 88DB.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }