Tips Dan Trik Membeli Barang Secara Online

Diposting oleh Unknown on Oct 30, 2008


Dalam belanja online atau membeli barang di toko online, anda harus memperhatikan tips di bawah ini :

1. Lakukan transaksi di situs (toko online) yang telah terbukti keamanannya. Situs bisa disebut aman jika memakai teknologi enkripsi untuk mentransfer informasi dari komputer pengguna ke komputer penjual (cth butik online). Dengan enkripsi, informasi penting seperti nomor kartu kredit bisa diamankan dengan kode tertentu untuk mencegah pencurian. Indikasi situs yang aman adalah salah satunya dengan melihat https:// dialamat situs tersebut. Adanya tambahan “s” dialamat situs tersebut bisa dikategorikan cukup aman. Biasanya, tanda “s” ini tak akan muncul sampai anda mengakses halaman order barang dalam situs toko online.

2. Selidiki reputasi situs-situs e-commerce terpercaya setidaknya disitus tersebut terdapat nomor telepon yang bisa dihubungi untuk pelayanan konsumen atau untuk memesan barang. Cari tahu juga bagaimana reputasi perusahaan dalam melayani konsumennya, misalnya dengan mencari informasi lewat google. Jika kebetulan anda baru pertama kali membeli lewat situs belanja, pesan barang yang murah terlebhi dulu untuk mengamati apakah situs tersebut bisa dipercaya.

3. Baca kebijakan privasi dan keamanan situs. Setiap situs e-commerce terpercaya punya informasi tentang bagaimana sebuah transaksi perdagangan akan diproses dalam kebijakan privasi dan keamanannya. Perhatikan seksama informasi ini agar anda tidak dirugikan (cth butik online). Meski demikian, tak bisa dijamin kebijakan ini selalu diberlakukan dengan baik. Karena itu, selalu berhati-hati dalam bertransaksi.

4. Cari cara transaksi teraman. Pilihlah cara transaksi yang aman saat belanja online. Direkomendasikan untuk memakai kartu kredit saja daripada model-model transaksi lainnya.

5. Hanya tulis data yang diperlukan. Ketika memesan barang (baju wanita/aksesoris wanita), terdapat informasi pribadi yang harus disertakan seperti nama dan alamat anda. Seringkali anda diminta memberi informasi lainnya seperti pendapatan bulanan yang bisa disalahgunakan. Pastikan anda hanya menuliskan data yang diperlukan saja dalam proses transaksi. Ingat selalu bahwa pencurian ata pribadi marak di internet.

6. Jaga baik-baik password anda. Beberapa situs mengharuskan pengguna untuk login dengan password sebelum memesan barang (belanja online pakaian). Jaga baik-baik kerahasiaannya dan gunakan password yang sukar terindetifikasi.

7. Print pesanan anda. Di rekomendasikan untuk mencetak halaman situs yang mengkonfirmasi seluruh hal mengenai pesanan anda seperti harga barang, informasi produk (cth baju wanita, aksesoris wanita) dan nomor pesanan. Demikian juga dengan informasi yang dianggap penting seperti kebijakan keamanan perusahaan. Hal ini utnuk berjaga-jaga dari kemungkinan penipuan.

8. Perhatikan bagaimana cara pesanan anda dikirimkan. Biasanya, barang anda dijanjikan akan datang dalam periode waktu tertentu. Perhatikan informasi bagaimana cara perusahaan menangani kendala jarak atau masalah pembayaran pengantaran barang. Perhatikan pula apakah barang anda digaransi atau bisa dikembalikan jika terdapat cacat. Jika terdapat hal-hal yang mencurigakan atau tidak masuk akal. Anda bisa mempertimbangkan utnuk beralih kesitus e-commerce lain.

Temukan informasi mengenai Toko Online, Butik Online, Belanja Online Pakaian, Baju Wanita, Aksesori Wanita, Belanja Online dan Toko & Butik Online : Belanja Online Pakaian & Baju Wanita - Aksesori Wanita pada 88db.com

http://doyoulikenews.blogspot.com/2008/09/tips-dan-trik-membeli-barang-secara.html

{ 0 komentar ... read them below or add one }