Hari Ulang Tahun Si Kecil

Diposting oleh Unknown on Oct 31, 2008


Perhatikan Keseharian Anak

PERAYAAN ulang tahun terlalu dini, dari sisi psikologis ternyata bisa berdampak negatif terhadap si kecil. Anak-anak usia di bawah tiga tahun kebanyakan belum paham makna ulang tahun.

Pada banyak kasus anak-anak di usia ini malahan bereaksi negatif sebab dipaksa mengikuti serangkaian upacara yang melelahkan. Si kecil bahkan belum dapat memahami mengapa dan untuk apa ada hadiah dari teman-teman dan kerabat lainnya.

Dra Mayke Tedjasaputra, Psikolog pada Lembaga Psikologi Terapan-UI menyarankan orangtua melihat beberapa hal sebelum merayakan ulang tahun anak. Cermati karakteristik anak, apakah dia takut pada kumpulan orang banyak atau sebaliknya.

Bila takut, sebaiknya ditunda dulu sampai ia siap menerima kedatangan orang banyak. Atau sebagai jalan tengah, bisa dirayakan dalam lingkungan terbatas.

"Pada anak introvert ataupun agak sulit bersosialisasi dengan orang lain, pesta ulang tahun justru bisa mendatangkan trauma. Terlebih melibatkan banyak orang dengan segala suasana hirukpikuk. Ada pula anak yang jadi trauma setelah menyaksikan atraksi badut yang sebenarnya datang untuk menghibur," ungkap Mayke seperti dikutip www.tabloid-nakita.com.

Menurut Mayke memberi kesan positif pada anak, tidak harus dengan pesta perayaan ulang tahun mewah(cth mengundang badut pesta, atau dekorasi ulang tahun) yang hanya berlangsung sekali setahun. Lebih penting dari itu adalah bagaimana orang tua mengasuh anak sehari-hari, apakah dengan penuh kasih sayang atau tidak.
"Pengalaman yang diterima setiap hari akan lebih berkesan dan memberi dampak pada perkembangan psikologis anak, daripada peristiwa yang hanya dilakukan sesekali saja," tegas Mayke.

Berkesan Tidak Selalu Mahal

PERAYAAN ulang tahun tak selamanya negatif. Ketika anak mulai belajar memaknai hari ulang tahun, orangtua dapat memasukkan banyak nilai-nilai positif maupun berbagai kegiatan yang bermanfaat pada kehidupan anak di masa datang.

Agustina Untari Psi, konsultan psikologi di Pusat Edukasi Prasekolah, Putik, mengungkap sebelum merayakan ulang tahun ungkapkan kepada anak mengapa ulang tahun ini diadakan(memberi pengetahun mengenai dekorasi ulang tahun, badut ulang tahun atau badut pesta).

"Beri pengertian pesta kali ini diadakan karena kebetulan ayah dan ibu punya rejeki lebih. Penjelasan ini sekaligus mengajarkan tidak setiap tahun pesta ulang tahun akan semeriah sekarang," jelas Untari lewat www.geocities.com/bloganak06.

Ketika ulang tahun orangtua bisa memberi pemahaman bahwa lewat ulang tahun usia anak bertambah setahun. Dia makin besar dan menyampaikan konsekuensi menjadi anak yang sudah besar. Misalnya harus lebih sayang pada adik.

Untari mengajak orangtua benar-benar memahami tujuan merayakan ulang tahun. Yaitu untuk membuat anak bahagia. "Bila anak tidak antusias di pestanya sendiri, sering menyendiri, atau cemberut saja, tandanya ia tidak bahagia," ungkap Untari.

Cari tahu sebabnya. Bila ia tidak suka dengan suasana pestanya(apakah karena badut ulang tahun/badut maskot), biarkan ia memilih kegiatan menyenangkan. Lihat juga apakah baju pestanya membuatnya tidak nyaman. Pada pesta dengan tema tertentu, kadang mengharuskan si kecil memakai kostum sesuai tema yang belum tentu terasa nyaman saat dipakai (jasa badut)
Tips Nyaman di Hari Ulang Tahun
1. Utamakan mengundang orang-orang yang dikenal baik. Bisa juga mengundang anak-anak sebaya dengan tujuan agar di hari ulang tahun, si kecil belajar bersosialisasi.
2. Ajak MC (jasa badut) membuat permainal yang bisa melibatkan semua tamu.
3. Membuat dekorasi ruangan menarik dan menyetel lagu-lagu ceria untuk menghidupkan suasana.
4. Memilih hidangan pesta sesuai selera anak-anak. Di antaranya es krim, pizza, ayam goreng atau mi goreng.

Temukan Informasi mengenai Badut Maskot, Ulang Tahun, Badut Ulang Tahun, Jasa Badut, Badut Pesta, Jasa Badut Pesta, Dekorasi Ulang Tahun dan Badut Maskot Ulang Tahun: Jasa Badut Pesta - Dekorasi Ulang Tahun pada 88db.com

http://tribunjabar.co.id/artikel_view.php?id=809&kategori=16

{ 0 komentar ... read them below or add one }