Buat Roti Unyil Untuk Keluarga

Diposting oleh Unknown on Jan 28, 2015





Banyak warisan resep kuliner indonesia yang perlu digali lebih banyak lagi salah satunya adalah resep roti unyil, memang lucu kedengarannya karena roti ini bentuknya kecil seperti unyil, namun rasanya dijamun enakdan banyak variasi rasanya, roti ini berasal dari bogor jawa barat, disana ada toko roti yang terkenal menjual roti unyil dengan bermacam rasa dan bentuknya yang pasti pengusaha roti unyil yang sudah terkenal tersebut menggunakan mesin roti sebagai alat bantu produksi rotinya karena toko rotinya tidak pernah sepi dari pengunjung setiap harinya dan selalu kebanjiran pesanan, berikut ini ada resep cara membuat roti unyil untuk anda coba dirumah sebagai cemilan keluarga anda dirumah:

Bahan / Bumbu :Tepung terigu 100 gram, protein tinggi seperti cakra,
Tepung terigu 100 gram, protein sedang seperti segitiga, Air es kurang lebih 125 ml, Ragi instan 7 gram, Cake emulsifier 3 gram, Gula pasir 65 gram, Susu bubuk 20 gram, Kuning telur 1 butir, kocok hingga rata, Margarin 40 gram, Garam halus 5 gram, Bahan Isi: fruit mix, abon, selai, keju, atau lainnya, sesuai selera
Olesan: kuning telur 2 butir yang diaduk dengan susu cair 25ml tanpa rasa 

Cara Membuat :Campurkan jenis tepung yang memiliki kadar protein berbeda dengan bahan gula pasir, ragi instan, dan juga susu bubuk. Lalu aduk campuran tersebut hingga merata. Kemudian tuangkan kuning telur, dan aduk kembali serta dimasukkan air secara perlahan sambil diuleni, hingga adonan menjadi elastis.
Masukkan ke dalam adonan tadi cake emulsifier, lalu aduk rata. Tambahkan dengan margarin dan garam lalu uleni sampai terlihat kalis. Bentuk bulat adonan yang sudah jadi dan letakkan didalam wadah khusus adonan, kemudian tutup adonan tersebut menggunakan plastik wrapping. Biarkan kurang lebih selama 45 menit.
Buang gas yang terdapat didalam adonan. Caranya dengan memukul-mukul adonan. Kemudian taruh diatas meja jenis stainless yang sudah ditaburi dengan tepung terigu.

Isi adonan dengan berbagai isi yang disukai sesuai selera dan bentuk juga sesuai selera. Lanjutkan dengan menyusun adonan didalam wadah loyang yang sudah diolesi dengan margarin. Olesi adonan yang sudah berada didalam loyang menggandakan bahan pengoles, lalu biarkan selama 15 menit.

Selanjutnya, lakukan pemanggangan dengan kadar suhu 185 celcius didalam oven hingga matang. Jika warnanya sudah kuning keemasan, angkat dan roti unyil siap untuk disajikan. Resep Roti Unyil telah selesai dipraktekkan. Roti ini lebih enaknya bila dinikmati bersama teman ataupun keluarga, terlebih jika ditemani dengan hidangan minuman hangat, seperti teh, kopi atau susu. Roti unyil sering dimakan saat waktu kosong atau sedang santai, rasa yang dihasilkan ditambah dengan tekstur yang lembut, membuat lidah para penikmat kue ini dimanjakan olehnya.

{ 0 komentar ... read them below or add one }