Tips Membuat Kopi Dengan Mesin Kopi

Diposting oleh Unknown on Apr 15, 2015


Kopi Giling Dengan Mesin Kopi

Alat penggiling kopi memang biasa digunakan untuk menghancurkan biji kopi menjadi kopi bubuk alat tersebut biasa di sebut mesin kopi, bisa anda bayangkan bila anda memiliki alat tersebut di rumah maka anda bisa membuat kopi bubuk alami setiap pagi langsung dari bijinya yang anda haluskan sendiri dan biji kopi tersebut anda beli langsung di toko kopi yang menjual biji kopi, bukan bubuk kopi yang anda beli di warung atau di pasar, pastinya rasanya akan beda dari pada kopi bubuk yang di jual di pasaran karena kopi yang anda buat langsung digiling dari bijinya, tentu rasa nikmatnya kopi akan berbeda karena keseringan bubuk kopi yang ada di pasaran, banyak yang sudah tercampur dengan bahan lainya sehingga tidak asli lagi, namun bila anda buat sendiri pastinya akan terasa beda, pastinya akan lebih nikmat, bila anda memiliki mesin kopi anda bisa manfaatkan alat tersebut untuk membuka usaha kedai kopi dan anda bisa membuat racikan kopi yang nikmat dan bisa di nikmati semua orang, kopi adalah minuman yang sudah biasa dari berabad abad lamanya dinikmati semua orang di dunia, jutaan orang setiap harinya, membuat kopi memang tidak bisa berdasarkan intuisi, namun butuh pengalaman yang cukup untuk menyajikan secangkir kopi yang nikmat.



Mendapatkan Racikan Kopi yang Maksimal
 
1. Biji kopi yang segar tentunya bukan sembarangan, biji kopi tersebut pastinya sudah di simpan pada tempat yang benar yang terjaga kekeringan dan kelembabannya hingga aman sampai kapan pun kopi tersebut akan di nikmati, untuk mendapatkan kopi yang lebih segar dan enak, Anda harus membeli biji kopi yang bagus dan gilinglah sendiri jangan membeli kopi yang sudah digiling rasa kopinya pasti akan berbeda, rasa kopi tersebut berasal dari senyawa rasa yang lembut di dalam sel-sel biji kopi. Saat menggiling kopi anda perlu berhati-hati karena di tiap biji kopi di dalamnya terdapat keharuman biji kopi khas dari jenis kopi tersebut, bila bagian dalam biji kopi terekspos udara dan semakin lama akan bereaksi, sehingga kopi kehilangan aromanya, karena aromanya sudah terbawa keluar terhempas oleh udara, yang perlu anda lakukan adalah menyimpan biji kopi tersebut dalam wadah yang kedap udara atau di plastik kedap udara agar harumnya kopi tersebut tidak hilang, bila sudah tidak harum maka ke nikmatan kopi tersebut akan berkurang, kopi juga memiliki sifat menyerap bau, itu sebabnya bubuk kopi sering digunakan untuk menghilangkan bau pada kulkas pengganti soda kue, dan dapat menghilangkan bau pada tempat apapun. Efek lainnya berarti jika kopi tidak disimpan di dalam wadah kedap udara, maka aromanya bisa bercampur dengan aroma bawang putih atau aroma lainnya. Para pakar kopi tidak sepakat dengan pendapat untuk menyimpan biji kopi pada suhu rendah. Sebagian menyarankan untuk menyimpan biji kopi di dalam kulkas jika akan digunakan dalam seminggu dan memindahkan biji kopi yang tidak digunakan selama beberapa minggu ke dalam pembeku. Sementara sebagian pakar yang lain hanya menyarankan untuk menyimpan kopi di tempat yang sejuk dan gelap.

2Bersihkan alat pembuat kopi. Seperti halnya peralatan lain yang menggunakan air panas, maka lama-kelamaan endapan mineral dapat menumpuk di dalam mesin pembuat kopi. Endapan ini bisa membuat kopi menjadi tidak enak dan berbau tengik.  Bersihkan alat pembuat kopi secara teratur agar bisa mendapatkan kopi yang enak. bila alat pembuat kopi memiliki aroma yang menyolok atau endapan yang terlihat ketika tidak digunakan, atau Anda tidak ingat kapan terakhir kali membersihkan alat pembuat kopi ini, maka saat itulah saat yang tepat untuk membersihkannya.

3  Gunakan tingkat kekasaran tekstur bubuk kopi yang tepat untuk metode racikan kopi Anda. Metode peracikan kopi yang berbeda-beda membutuhkan tekstur bubuk kopi yang lebih kasar atau tebal untuk mendapatkan rasa yang optimal. Karena bubuk kopi bertukar senyawa rasa dengan air, maka mengubah kekasaran (dan juga seluruh bagian permukaan bubuk kopi yang bisa terkena air) tekstur bubuk kopi dapat mempengaruhi rasa akhirnya. Pada umumnya, semakin banyak waktu yang dibutuhkan dalam suatu metode peracikan agar kopi dan air bisa saling melakukan kontak, maka semakin kasar tekstur bubuk kopi yang diperlukan. Untuk pembuatan kopi yang normal seperti dijelaskan di Bagian Satu di atas, bubuk kopi dengan tekstur sedang (seperti bubuk kopi yang sudah digiling yang ada di toko) itu sudah bagus. Jika Anda menggunakan metode pembuatan kopi yang lebih eksotis seperti french press atau aeropress. 

4  Gunakan suhu yang tepat untuk bahan-bahan peracikan kopi. Untuk proses peracikan kopi, suhu air adalah sekitar 90,5-96°C atau di bawah titik didih. Air dengan suhu yang lebih rendah dari itu tidak bisa mengekstraksi rasa dari biji kopi, sedangkan air yang lebih panas dapat mendidihkan kopi dan mempengaruhi rasanya. Jika Anda merebus air untuk peracikan kopi, biarkan sampai air mendidih, lalu angkat dari kompor dan diamkan selama 1 menit sebelum dicampur dengan kopi. Jika Anda menyimpan bubuk kopi di dalam kulkas, maka bubuk kopi yang lebih dingin itu tidak akan mempengaruhi proses peracikan kopi. Namun, jika Anda membuat espreso, diamkan kopi di dalam suhu ruangan sebelum diracik. Karena pembuatan espreso menggunakan air yang lebih sedikit untuk bersentuhan dengan kopi dalam waktu yang relatif singkat, maka kopi yang dingin bisa mempengaruhi proses ekstraksi rasa.

Tips:
  • Jika rasa kopi Anda seringkali lebih pahit dari yang diinginkan, coba taburkan 2-3 jumput garam pada bubuk kopi. Cara ini membantu menghilangkan rasa pahit yang terjadi selama proses peracikan (apalagi jika kopinya berkualitas buruk). Pecahan-pecahan kulit telur juga bisa membuat rasa kopi menjadi enak (cara ini biasa dilakukan oleh tentara Amerika Serikat).
  • Tutup kantung kopi dengan rapat setelah mengambil kopi. Jika tidak ditutup rapat, kopi akan berbau apak karena tereskpos oksigen.
  • Gunakan kembali bubuk kopi yang sudah dipakai. Bubuk kopi bisa digunakan kembali untuk keperluan dapur yaitu mengusir bau tak sedap di dalam kulkas atau untuk menggosok panci. Karena bubuk kopi mengandung zat fosfor dan nitrogen, maka juga bisa digunakan sebagai pupuk yang baik untuk beberapa jenis tanaman.
  • Bubuk kayu manis yang ditaburkan pada bubuk kopi sebelum diracik juga dapat mengurangi rasa pahit yang kuat dari kopi. Namun hati-hati, jika menaburkan bubuk kayu manis lebih dari satu sendok makan pada alat pembuat kopi, maka bisa menyebabkan mesin mati dan menggenangi penyaringnya.
Meskipun metode standar yang dijelaskan di atas bisa diterapkan untuk sebagian besar alat pembuat kopi dengan sedikit perbedaan, namun beberapa jenis alat pembuat kopi menggunakan proses pembuatan kopi yang cukup berbeda dengan metode standar dan juga memerlukan petunjuk tambahan.

{ 0 komentar ... read them below or add one }