Santai Menghadapi Ujian Nasional

Diposting oleh malamjumat on Feb 9, 2013



Ujian nasional, bagi sebagian siswa adalah momok menakutkan. Kadang sudah yakin menghadapai ujian nasional tapi ternyata saat hari H grogi juga. Nah, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar sukses menghadapi Ujian Nasional.

Pertama, meluangkan waktu untuk bermunajat dan berdoa setelah selesai shalat lima waktu. Tanamkanlah pada diri keyakinan bahwa Allah SWT pasti akan membantu dan menunjuki kalian semua serta dengan IradahNya, kalian semua akan tenang dan sukses hadapi ujian tersebut.


Kedua, luangkanlah waktu untuk beristirahat dengan cukup, hindari begadang dan manfaatkan waktu siang untuk beristirahat dan tidur sejenak. 

Ketiga, bahaslah soal-soal Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya dengan teman-teman melalui diskusi atau bertanya langsung kepada guru.  Kumpulan soal-soal tahun-tahun sebelumnya itu bisa difotocopy atau bisa juga ke jasa cetak atau digital printing. Seefektif mungkin saja untuk mendapatkan soal tersebut.

Keempat,  tetap berpikir positif, optimis dan selalu bersikap tenang dalam segala hal. Jangan pernah panik jika ada kesulitan yang dihadapi, yakinlah bahwa kita bisa.

Semoga tips di atas bisa membantu dalam menghadapai dan tentunya sukses dalam Ujian Nasional.
Semoga berhasil.

{ 0 komentar ... read them below or add one }