Mengunjungi Museum Adityawarman

Diposting oleh malamjumat on Feb 28, 2013



Jika Anda berkunjung ke Padang, jangan lupa datang ke Museum Adityawarman. Anda bisa menikmati wisata budaya. Museum Negeri Provinsi Sumatera Barat mulai dibangun  pada tahun 1974 dan diresmikan pada tanggal 16 Maret 1977. Sampai sekarang, kayunya tidak masalah, masih kuat. Pada tanggal 28 Mei  1979, museum tersebut diberi nama "Adityawarman". Nama Adityawarman diambil dari nama seorang Raja besar yang pernah berkuasa di Minangkabau, sezaman dengan Kerajaan Majapahit pada masa Patih Gajah Mada.
 
Museum tersebut diberi nama Adityawarman untuk mengenang jasa Adityawarman sebagai Raja Pagaruyung yang pernah memerintah sekitar abad ke-14. Jika mendengar kata Pagaruyung, maka memori akan membawa kita ke rumah gadang lainnya yang sama-sama megah yaitu Istano Basa Pagaruyung yang terletak di Kabupaten Tanah Datar. Rumah gadang itu adalah bekas istana Raja Pagaruyung. Namun karena pernah mengalami kebakaran di masa kolonial Belanda, istana yang ada sekarang merupakan replika dari istana sebenarnya.

Sedihnya, di tahun 2007 lagi-lagi bangunan tersebut mengalami kebakaran. Istana pun ludes tak tersisa. Sebagian besar koleksi yang berada di dalamnya tak berhasil diselamatkan. Hingga saat ini, proses renovasi masih terus berjalan. Namun, Istano Basa Pagaruyung telah kembali berdiri megah.

Museum Adityawarman merupakan museum budaya  terpenting di Sumatera Barat. Museum tersebut berfungsi sebagai tempat  menyimpan dan melestarikan benda-benda bersejarah seperti cagar budaya Minangkabau, cagar budaya Mentawai dan cagar budaya Nusantara. Untuk menjaga kelestarian  koleksi benda-benda bersejarah tersebut, pemerintah setempat membentuk tim kecil  yang bertugas sebagai tenaga educator, konservator, preparator dan pustakawan. Lokasi Jl. Diponegoro No. 10, Kota Padang - Sumatera Barat.

Bagi Anda dari luar kota dan ingin menginap bisa mencari tempat penginapan. Banyak hotel maupun penginapan biasa tersedia di sini. Anda bisa memilih fasilitas hotel maupun penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, karena tersedia beragam pilihan.

Selamat berlibur!!!

{ 3 komentar ... read them below or add one }

Jefry said...

Dulu waktu belum menikah saya sempat mengunjunginya, jadi ingat masa lalu nie..

Propertykita said...

Kira kira kalau mau berwisata ke daerah tersebut, berapa dana yang dibutuhkan kalau berangkat dari Jakarta? Kayanya cocok untuk berbulan madu.

malamjumat said...

@jefry: setelah menikah ga ke sana lagi mas? hehe

@propertykita: kalau untuk tiket jkt-padang normalnya 400-500, kalau sedang promo bisa lebih murah lagi. kalau jalan2 di padang ya hitungannya ga mahal, utk penginapan banyak pilihan tinggal disesuaikan.

happy travelling!