Paket Hemat Mencegah Karat pada Mobil

Diposting oleh Wikey on Apr 29, 2010




Karat menyerang semua bagian mobil. Apalagi setelah terguyur hujan lantas disinari terik matahari, besi baja ataupun pelat metal yang ada pada mobil rentan digerogoti karat. Tak peduli mobil baru, apalagi yang lawas.

Umumnya, mobil baru sudah dilapisi anti karat oleh produsen bersamaan saat proses stamping (pencetakan bodi). Namun daya lindungnya sangat terbatas. Terkadang dealer ATPM menawarkan opsi tambahan berupa pelapis anti karat aftermarket dengan biaya kisaran dari Rp 1,5 juta sampai Rp 2 jutaan.

Jika kondisi keuangan tidak mencukupi, ada paket hematnya (pahe). Modalnya, paling mahal sekitar 10 persen dari paket anti karat aftermarket tadi. Dengan modal itu, Anda bisa beli pelapis anti karat dalam bentuk spray dan tersedia berbagai merek di toko aksesori.

"Namun sebelum aplikasi pelapis pahe ini, mobil harus bersih," pesan Yayan Susanto, pemilik toko aksesori Jayapura Motor, Pusat Niaga Onderdil Duta Mas Fatmawati, Jakarta Selatan. Bagian (obyek) yang akan dispemprot harus bebas dari kotoran. Kalau sudah berkarat harus diampelas dan diberikan Noverox terlebih dahulu yang harganya sekitar Rp 40.000. Fungsinya sebagai zat kimia mematikan karat.

Setelah itu, baru semprotkan spray anti karat. Silakan pilih di bawah ini.

Cyclo Body Shop Formula
Berbahan rubberized (aspal karet) dibanderol sekitar Rp 50.000. Punya kelebihan dalam proses pengeringan yang supercepat. Di samping itu, produk asal Negeri Paman Sam ini bisa mereduksi kebisingan dari luar.

Altawood American Automotive
Bisa tebak dong, asalnya. Diperuntukkan bagian dek bawah atau sisi dalam sepatbor. Memiliki bahan aspal karet yang dapat melindungi besi dari endapan air. Harga sekitar Rp 60.000, cuma kalau mau menyemprot kolong butuh dua kaleng.

Penray Rubberized Undercoated
Soal kualitas tidak beda dengan Cyclo, tapi lebih pada mematikan noise yang ada di area luar mobil. Dapat dipergunakan di areal pintu depan atau bagasi. Bisa juga disemprotkan ke bagian atap, dijamin suara rintik hujan tak terdengar.

Altawood American
Dikhususkan untuk yang pro. Karena dibutuhkan angin kompresor bertekanan tinggi untuk menyemprot cairan rubberized di kaleng. Lalu, kandungan aspalnya lebih banyak dari versi spray lainnya. Tak heran, harganya di kisaran Rp 125.000.

kompas.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }