Tips sebelum membuka warung makan

Diposting oleh Unknown on Oct 29, 2008


Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuka warung (tempat makan, restoran atau rumah makan) dan semacamnya yaitu :

- Tempat Makan (warungnya, dapurnya dan tempat tamu makan, rumah makan/restoran)

- Tenaga trampil (tukang masak, food stylish, dan penanggung jawab produksi)

- Peralatan masak, peralatan saji, display makanan (biasanya pakai dummy).Perijinan (aku nggak tahu, tapi klo di mall biasanya diatur oleh mall management) Idealnya sich pada setiap usaha makanan ada team yang berbeda-beda, yaitu team belanja bahan baku, team motong bahan baku dan team yang masak. Team lainnya adalah team yang disebut dishwasser – cmiiw – dia bertanggung jawab menyiapkan perangkat saji spt piring, sendok, garpu dll, mencuci dan merawatnya. Hitungan jumlah lebih dan kurang adalah tanggung jawab dia.Setelah itu kamu harus memiliki supplier. Mulai supplier bahan baku dan bahan lainnya, usahakan kamu memiliki lebih dari satu supplier supaya tidak ada ketergantungan pada satu supplier saja. Ingat, bila ketergantungan bahan baku sangat kuat hanya dari satu sumber saja, kamu akan kesulitan sendiri saat dia surut suplai.

Waiter dan waitress (musti ada komandannya nich).

Perijinan (aku nggak tahu, tapi klo di mall biasanya diatur oleh mall management)

Idealnya sich pada setiap usaha makanan (cth usaha ayam bakar / ayam taliwang) ada team yang berbeda-beda, yaitu team belanja bahan baku, team motong bahan baku dan team yang masak.

Team lainnya adalah team yang disebut dishwasser (cmiiw)dia bertanggung jawab menyiapkan perangkat saji spt piring, sendok, garpu dll, mencuci dan merawatnya. Hitungan jumlah lebih dan kurang adalah tanggung jawab dia.

Setelah itu kamu harus memiliki supplier jika anda ingin membuat rumah makan ayam(cth supplier ayam taliwang). Mulai supplier bahan baku dan bahan lainnya, usahakan kamu memiliki lebih dari satu supplier supaya tidak ada ketergantungan pada satu supplier saja. Ingat, bila ketergantungan bahan baku sangat kuat hanya dari satu sumber saja, kamu akan kesulitan sendiri saat dia surut suplai.

Tempatkan diri kamu sebagai orang yang paling ahli(cth ahli dalam ayam bakar/ayam bakar taliwang), dalam hal ini tekanannya adalah jangan lepas tangan begitu saja, sehingga bila terjadi pegawai berhenti bekerja atau sebab lain, bisnis kamu tetap jalan. Tak perlu harus semua kamu kerjakan sendiri tapi paling tidak kamu tahu apa yang harus dikerjakan saat mereka tidak ada. Belajar dari pegawai adalah salah satu tips jitu.

http://mahadewi.blogsome.com/2007/04/03/tips-sebelum-membuka-warung-makan/

Temukan informasi mengenai Rumah Makan, Restoran, Tempat Makan, Ayam Bakar, Ayam Taliwang, Restoran Jakarta atau Rumah Makan / Restoran: Tempat Makan | Ayam Bakar & Taliwang Jakarta Barat pada 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }