Tips Diving Aman dan Nyaman

Diposting oleh malamjumat on Oct 28, 2008


1. Periksa peralatan anda sebelum menyelam atau olahraga air lainnya. Periksa dengan teliti dan pastikan fungsi kerja peralatan sangat bagus, terutama peralatan yang anda sewa.

2. Minum air mineral sebanyak-banyaknya dan sesering mungkin, walaupun anda tidak merasa haus. Sekuat mungkin minum air mineral. Jika memungkinkan pelajarilah tanda-tanda dehidrasi, sambil Anda belajar diving.

3. Ikuti kursus menyelam, biasanya anda akan mendapatkan kualifikasi dari agen yang terdaftar. Teknik menyelam Anda juga akan semakin berkembang.

4. Setelah mendapatkan kualifikasi, jangan pergi menyelam atau scuba diving di tempat yang berbahaya. Anda belum memiliki kemampuan untuk mengetahui apa itu gua dasar laut, atau shipwreck diving, yang memerlukan special training.

5. Dapatkan pemeriksaan medis dan lakukanlah tes renang sebelum melakukan aktifitas ini (scuba diving, atau olahraga air lainnya.)

6. Jangan pernah pergi menyelam seorang diri. Ajak teman untuk menyelam bersama anda. Anda juga sekaligus bisa belajar diving bersama mereka.

7. Turuti petunjuk yang diberikan oleh person in charge saat trip menyelam Anda.

8. Cari tahu tentang cuaca di tempat dive tersebut sebelum pergi menyelam. Pastikan bahwa suhu air dan kondisi cuaca cukup aman untuk melakukan penyelaman. Bergegaslah ke tepi bila mendengar atau melihat badai mendekati.

9. Lindungi kulit dengan waterproof sunscreen yang mengandung setidaknya 15 SPF
(Sun Protection Factor).

10. Selain itu, kenali tanda-tanda heat exhaustion dan cara penanggulangannya.

11. Kenalilah juga ciri-ciri dari hypothermia dan, tentunya, berikut cara penanggulangannya.

12. Gunakanlah sunglasses untuk melindungi mata dari sinar matahari. Pilih kacamata hitam yang bisa menyerap setidaknya 90 persen dari sinar ultraviolet.

13. Jika ingin berfoto di dalam laut, jangan lupa membawa foto digital yang biasanya memang bisa digunakan di bawah air.

14. Pastikan baterai anda terisi penuh sebelum anda menyelam.

15. Jika anda WNI, ada yang harus diperhatikan, bahwa dalam beberapa kasus, turis domestik masih sering dianggap tamu no 2 di Bali.

Tips :
Ini bukan satu-satunya panduan. Masih banyak yang perlu Anda perhatikan untuk menikmati aktifitas yang satu ini dengan aman. Tapi tidak ada salahnya memperhatikan beberapa butir di dalamnya. Yang terpenting adalah gunakanlah akal sehat Anda setiap saat. Coba gali terus teknik menyelam agar kita semakin memahami dunia ini. Have fun!

http://www.paketrupiah.com

Temukan Olahraga Air, Kursus Menyelam, Belajar Diving, Belajar Menyelam, Teknik Menyelam, Scuba Diving, Teknik Scuba Diving hanya di Olahraga Air / Kursus Menyelam: Belajar Diving | Menyelam & Teknik Menyelam - Scuba Diving 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }