TIPS BELANJA ONLINE

Diposting oleh Unknown on Oct 29, 2008


Mungkin diantara kita ada yang merasa bahwa belanja online sangat efisien. karna menghemat waktu dan tenaga. bagaimana tidak, kita tidak perlu lagi ke luar rumah untuk mendapatkan barang tersebut, dan tentunya tinggal melakukan transaksi di depan komputer. Apalagi bagi orang-orang yang sibuk, belanja online menjadi solusi yang tepat bagi mereka.

Pada saat liburanlah biasanya transaksi belanja online pakaian atau aksesoris wanita/pria meningkat, peningkatan bisa sampai 2x lipat hari biasanya. Ini bisa jadi daya tarik tersendiri bagi para pelaku “kriminal cyber”. karna dengan banyaknya transaksi yang terjadi, maka peluang mereka untuk mendapatkan yang mereka inginkan pun akan semakin besar. Untuk itu kita harus waspada terhadap kondisi separti ini. Untuk mengurangi resiko tersebut, ada baiknya anda melakukan hal-hal berikut :

1. Teliti lebih jauh terhadap situs yang hendak dijadikan tempat belanja. Apalagi jika situs tersebut kurang familiar bagi anda. periksa contact si penjual (toko online/butik online) dan hubungi agar lebih meyakinkan.

2. Cari informasi tentang situs (toko online cth butik online) tersebut lawat search engine. carilah ulasan tentang konsumen yang pernah belanja di sana. bagaimana tanggapan mereka tentang perusahaan dan barang yang ditawarkan oleh perusahan tersebut. Bila banyak keluhan dan komentar dari nereka yang jelek, ya jangan belanja di tempat tersebut.

3. Barang bermerk (cth baju wanita, pria atau pakaian wanita) yang dijual sangat murah dari harga aslinya patut dicurigai, karna bisa jadi anda akan kena tipu. oleh karna itu baca detail produk yang ditawarkna dengan baik.

4. Sebelum melakukan transaksi, periksalah pada address bar apakah terdapat gambar gembok dan bertuliskan https/shttp. dengan adanya tanda tersebut maka informasi pembayaran akan dienkripsi. Sehingga proses pengiriman data akan lebih aman.

5. jangan lakukan transaksi tanpa terpasang antivirus pada komputer anda, apalagi jika anda menggunakan sistem operasi Windows. selalu update antivirus anda, dan sebaiknya pasang juga antispyware. jangan lupa aktifkan juga firewall.

6.Hati-hati bila anda dikirimi e-mail yang berisi penanwaran yang “WAH” dan menggiurkan, jangan-jangan itu adalah ulah spammer. oleh sebab itu anda harus berfikir logis, apakah mungkin penawaran yang sangat “WAH” tersebut bisa menjadi kenyataan. Karna biasanya perusahaan yang baik tidak akan mengirimkan e-mail apalagi sampai meminta ID dan password anda. jadi jangan terlalu bermimpi deh :)

7. Bukti transaksi jangan dibuang. simpanlah bukti-bukti seperti kuitansi digital, salinan e-mail, dll.

8. matikan PC jika transaksi telah selesai. karna bila dinyalakan terus bisa saja sudah ada garong yang menanam trojan untuk mengambil alih kendali PC dan melakukan transaksi.

http://madnessnocturnal.wordpress.com/2008/07/18/tips-belanja-online/

Temukan informasi mengenai Toko Online, Butik Online, Belanja Online Pakaian, Baju Wanita, Aksesori Wanita, Belanja Online dan Toko & Butik Online : Belanja Online Pakaian & Baju Wanita - Aksesori Wanita pada 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }